Daging Cincang

Cerita Menarik Dibalik Nikamatnya Daging Cincang (Bakso) Indonesia

Posted on

Menurut para pakar kuliner di Indonesia dan beberapa pakar dari negara lainnya, kuliner bakso berasal negeri China. Nama bakso sendiri diilhami dari Bak-So ataupun Bah-So, julukan warga Hokkian tuk daging cincang. Tidak hanya bakso daging sapi yang terkenal, ada pula bakso ayam, udang, kepiting, ikan, dan lain-lain. Asosiasi Pedagang Bakso Indonesia mengatakan bahwa ada 4 juta orang yang menjadi pedagang bakso di Indonesia. Sebagian besar dari mereka adalah penjual bakso gerobak yang keliling dari satu kampung ke kampung lain yang umumnya berasal dari Jawa, khususnya Wonogiri.

Banyak kisah pedagang bakso berhasil mengembangkan usahanya dan jadi kaya raya sekarang ini. Walaupun terkesan hidup sederhana di perkotaan, hidup keluarga mereka di kampung berasal cukup makmur. Banyak pula yang memiliki rumah mewah. Walaupun sepintas enak, aktivitas harian pedagang bakso keliling lumayan berat. Mereka musti bangun pagi-pagi tuk membeli dan menggiling bahan bakso di pasar. Di rumah mereka membentuk bakso dan meracik lalu mempersiapkan kuah bakso dan bahan-bahan yang lainnya. Selanjutnya mereka musti pergi berkeliling dari satu kampung ke kampung lain tuk menjajakan baksonya. Kadang-kadang bila jualannya kurang laku, baru malam hari mereka dapat pulang lagi ke rumah tuk beristirahat dan memulai lagi aktivitas keesokan paginya.

Ada banyak kan tadi pedagang baksi di Indonesia, dan salah satu tempat makan untuk kuliner bakso ini adalah bakso beranak jumbo. Bakso ini berupa dagin sapi cincang, lalu dibikin menjadi dua bakso yaitu bakso kecil dan baso besar. Bakso besar ini berguna untuk menampung banyaknya bakso kecil ini, jadi ketika bakso besar dibelah, lalu keluarlah bakso-bakso kecil tadi yang sudah dimasukkan. Dan karena itulah dinamakan dengan bakso bernaka.

Atau anda sedang mencari bakso artomoro? Bagi orang Bandung pasti tidak bingung mendengar nama bakso artomoro ini. Yap, bakso seperti biasa namun dengan bumbu yummy bisa membuat banyak orang suka dengan bakso satu ini. Ada dua menu bakso yang ditawarkan yaitu bakso urat dan bakso telur. Namun rekomendasi dari saya jika ingin lebih legit dan mengenyangkan pilih bakso urat karena dagingnya lebih banyak, tetapi jika ingin makan dengan porsi sedikit besar bisa pilih bakso telur yang cukup membuat siapa saja kenyang dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *